Depan AKSI PERTAMA MOBIL MASKARA DESA DARMA

AKSI PERTAMA MOBIL MASKARA DESA DARMA

desa-darma.kuningankab.go.id–Sebanyak 12 desa berprestasi di Kabupaten Kuningan mendapat kendaraan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Penyerahan dilakukan oleh DPM Desa Provinsi Jawa Barat di dieler Astra Internasional Jalan Soekarno Hatta no 438 D Bandung.

Hadir dalam acara tersebut Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Kuningan H.M Faruk mendampingi para Kepala Desa dari 12 desa dimaksud yaitu Desa Darma, Desa Windujanten, Desa karangtawang, Desa Maniskidul, Desa Jalaksana, Desa Luragunglandeuh, Desa Ciwaru, Desa Ciniru, Desa Cilimus, Desa Cisantana, Desa Kadurama, dan Desa Ciputat. Mobil multi fungsi tersebut segera melanglang di berbagai pelosok demi  membantu sosialisasi program pemerintah serta kebutuhan penting lainnya.

Kepala Desa Darma Yadi Juharyadi, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran pemerintahan Pemprov Jawa Barat, Kepala Desa merasa bangga menerima Mobil Maskara yang sudah dilengkapi dengan peralatan pendukung lainya tersebut, beliau menjelaskan “kami Pemerintah Desa Darma akan memanfaatkanya semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat disamping itu juga tentu untuk kepentingan Pemdes”, bagaimana desanya bisa mendapatkan pernghargaan tersebut Kepala Desa menjelaskan “Kami Pemdes terus melakukan upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat demi untuk pencapaian terbaik yang outputnya bisa dinikmati oleh masyarakat, Alhamdulillah kami mampu menaikkan Indek Kumulatif Ekonomi (IKE), Indek Kumulatif Sosial (IKS) dan Indek Kumulatif Lingkungan (IKL) sehingga status Desa Kami naik dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri dan kami juga mampu mendongkrak Pendapatan Asli Desa dari sekitar 100 jutaan di tahun 2019 menjadi sekitar 500 Jutaan di tahun 2020, peningkatan PADes ini mendapat apresiasi dari Kementrian Keuangan RI dengan memberikan Dana Kinerja sekitar 268 Jutaan sehingga total Dana Desa yang kami terima di tahun 2021 sebesar Rp.1.158.058.000” demikian pungakasnya.

Yadi Juharyadi juga menjelaskan bahwa mobil maskara ini sudah beraksi untuk pertama kalinya pada acara Jambore Nasional Koperasi dan UMKM di Desa Saktim pada tanggal 18/19 Desember 2021, Mobil Maskara ini digunakan oleh kader UP2K PKK sebagai stand untuk memasarkan produk-produk unggulan Desa Darma yang dilengkapi juga dengan minuman Kopi produk anak-anak muda Desa Darma. kilik ling berikut.

https://photos.google.com/share/AF1QipOr9KgoYvDNlYaOefp3YnuMQZxCG3O7HqQb...

Sementara itu, Camat Darma Eko Yuyud Mahaendra, AP, M.Si mengatakan pemberian mobil Maskara merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Gubernur Jawa Barat atas prestasi sebagai desa mandiri hal ini harus dibarengi dengan kemampuan dan semangat pemanfaatan juga pemeliharaanya “Kami berharap mobil Maskara ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. Untuk kepentingan masyarakat desa. Juga mudah-mudahan jadi motivasi bagi Desa lainnya bisa memberikan nama baik khususnya Kecamatan Darma”. harapnya.(AMSekdda).