Depan Ulasan PILKADES 'CERIA'

Ulasan PILKADES 'CERIA'

4 CALON RAMAIKAN KONTESTASI PILKADES “CERIA” DESA DARMA

DARMA, adanya kucuran Dana Desa dari Pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan perdesaan telah menyedot perhatian banyak kalangan tak terkecuali tokoh-tokoh masyarakat di hampir semua desa di kabupaten kuningan yang pada tahun 2019 ini menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa serentak, ada sekitar 203 Desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Kuningan rami-ramai diikuti banyak peserta bahkan beberapa desa harus melaksanakan proses seleksi calon kepala desa karena yang mendaftar lebih dari 5 orang. di desa darma sendiri diikuti oleh 4 orang calon kepala desa meramaikan persaingan kontestasi demokrasi di desa, bahkan mungkin lebih menarik untuk disimak karena dari 4 bakal calon yang ada sama-sama sudah berpengalaman sebagai perangkat desa dan mantan Kepala Desa periode tahun sebelumnya. Mereka adalah Yadi Juharyadi Nomor urut 1, mantan kepala Desa periode sebelumnya PNS dengan jabatan terakhir sebagai Kasipem Kecamatan Kadugede, Yayat Hidayat nomor urut 2 Perangkat Desa jabatan terakhir sebagai Kasi Kesra Desa Darma, H.Totong Yudi Murtado nomor urut 3 Petahana, dan Wawan Gunawan nomor urut 4 Perangkat Desa jabatan terakhir sebagai Kasipem Desa Darma.

Tampilnya petahana dan 2 orang perangkatnya menyisakan pertanyaan di kalangan masyarakat seperti yang diutarakan oleh seorang pemerhati desa “ada apa?” ko bisa seperti itu kata kiyai muda yang tak mau disebutkan namanya, hal ini memunculkan persepsi masyarakat akan ketidak solidan di tubuh pemerintah desa. Namun demikian hal itu dibantah oleh balon yang kebetulan sebagai petahana atau Kepala Desa aktif H.Totong yudi murtado yang masa jabatanya sampai desember 2019, “saya memberikan ruang yang sebebas-bebasnya kepada seleuruh lapisan masyarakat termasuk juga perangkat desa yang ingin mencalonkan kepala desa pada pemilihan kepala desa serentak 3 november 2019 ini” ujarnya. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kontestasi ini jangan sampai menyisakan ketidak harmonisan di kalangan masyarakat terutama di kalangan para pendukung Calon.

‘kita semua memiliki tujuan yang sama membangun desa yang membedakan mungkin hanyalah trik dan strateginya masing-masing, seperti halnya saya sebagai Kepala Desa saya lebih suka membangun lingkungan pemukiman karena hal itu akan bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Dan saya berharap Pilkades ‘Ceria’ Desa Darma dapat berlangsung Umum Bebas dan Rahasia serta Jujur dan Adil dan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat ayo kita sama-sama suksekan pilkades ‘Ceria’ kita, dan ikuti tahapan-tahapan serta aturan main yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan. Ketika disinggung netralitas Panitia kuwu totong mengatakan “saya percaya mereka warga pilihan yang dipilih dan di angkat oleh BPD, mereka sangat memenuhi kriteria dan mereka adalah orang-orang berpengalaman dan profesional’.

Sebelumnya BPD telah memilih dan melantik Panitia PILKADES ‘Ceria’ pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 bertempat di Aula Bale Desa Darma, panitia yang terdiri dari 21 orang itu dikomandani oleh tokoh pemuda Karang Taruna tingkat Kabupaten Kuningan yaitu Nana Hendriyana, S.Pd. Jejen Jaenal Muttaqin, S.Pd Wakil Ketua (Mantan Ketua PPK Darma), Mamat Selamat Sudaryanto, S.Pd Sekretaris Panitia (mantan Ketua PPS Desa Darma), Rina Herlina, S.E bendahara Panitia (Mantan Ketua Bawaslu Kecamatan Darma).

Dan kini Pemilihan Kepala Desa telah selesai dilaksanakan tahapan demi tahapan mampu diselesaikan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun oleh Panitia Pilkades ‘Ceria’ hanya tinggal menunggu Pelantikan Calon terpilih saja nomor urut 1 yaitu Yadi Juharyadi yang memperoleh suara terbanyak 1913 suara, adapun hasil pemilihan selengkapnya adalah sebagai berikut:

HASIL PENGHITUNGAN SUARA

NO CALON

PEROLEHAN SUARA

NAMA CALON

TPS

JUMLAH SUARA

1

2

3

1

 1,913

YADI JUHARYADI

 679

 628

 606

 1,913

55.72%

2

 640

YAYAT HIDAYAT

 213

 209

 218

 640

18.64%

3

 640

H. TOTONG YUDI MURTADO

 215

 203

 222

 640

18.64%

4

 240

WAWAN GUNAWAN

 80

 84

 76

 240

6.99%

 

 

JUMLAH SUARA SAH

 1,187

 1,124

 1,122

 3,433

98.96%

 

 

JUMLAH SUARA TIDAK SAH

 9

 14

 13

 36

1.04%

 

 

JUMLAH SUARA MASUK

 1,196

 1,138

 1,135

 3,469

 

 

 

% KEHADIRAN

 70.98

 67.62

 67.16

 68.58

Alhamdulillah semuanya telah selesai dan saya harap Calon yang mendapat amanah dari rakyat mampu memanfaatkan kepercayaan tersebut demi kemajuan desa Darma kedepan, membangun desa darma yang seimbang antara pembangunan fisik dan non fisik, jasmani dan rohani ulas Ketua BPD H.Dedi, S.Ag. M.Pd. Saat ditemui tim di ruang kerjanya. ‘mari bersama-sama membangun Desa, Menata Peradaban Desa Darma yang Agamis, Humanis, berkeadilan, sejahtera bersama, ada dalam naungan ridlo Allah SWT dalam bingkai desa yang baldatun toyyibatun warobbun gofur. untuk para calon calon yang belum diberikan amanah yakinilah bahwa ini semua adalah jalan terbaik untuk kita semua, tak ada lagi 1, tak ada lagi 2, 3, dan 4 yang ada adalah kita semua. demikian pungkasnya.